Rabu, 15 Juni 2011

Kunjunganku di Desa Cipeuteuy (Bagian 1)


Hari Ke 2 kegiatan penelitian kita mulai pada jam 10 dan kampung pertam kita datangi adalah Kp Sukagalih.rencana hari ini bukan hanya menemui parapetani tetapi tetapi kita akan bermain air di sungai Citamiang yang berada di kp Sikagalih dan mau bertemu dengan mahasiswa IPB yang sedang penelitian tentang mikrohidro dikampung Sukagalih .ternyata kita belum beruntung karena sehari sebelum nya mereka sudah pulang setelah itu kita berlanjut menemui dan mencari masyarakat kampung Sukagalih yang bersedia kita tanta-tanya .pada saat kita menuju lokasi tempat kita main air di Sungai Citamiang di perjalanan kita menjumpai Bp Ukat yang sedang Membelah bambu. Kata Pak Ukat beliau dulu nya adalah ketua kelompok petani di kampng sukagalih.
Tetapi karena anak muda nya tidak mempercayai terhadap kepengurusan pak Ukat akhir nya pak Ukat pun mengundurkan diri. Menurut cerita nya Pak Ukat. Dulu nya itu pak ukat hendak akan diculik oleh suruhan orang yang akan mengambil pohon dari hutan.
Dan setelah dari Pak Ukat kita berlanjut ke pak Cakra.yang akan melakukan kegiatan sehari-hari nya mengambil rumput yang berada di TNGHS dan perkebunan. Setelah kita selesai bertanya-tanya terhadap warga kampung sukagalih Kita pun menuju Sungai Citamiang untuk main air dan mandi. Sungai Citamiang berhulu di Gunung Keneng dan merupakan anak sungai Cikaniki. Kondisi air di sungai Citamiang ini kondisinya masih bagus air nya sangat jernih dan menyegarkan. Kalo kata mba itok bilang ga afdol bila berkunjung ke sukagalih ga mandi/main air di sungai citamiang.Selesai main air di sugai Citamiang kita pulang lg ke Cipeuteuy karena mba Itok dan Azizah mau pulang ke Bogor.
Dan setelah itu kira-kira jam 3 an kita melanjutkan kegiatan hari ini. Sore ini kita akan mengunjungi kampung Cisalimar l dan Cisalimar ll dan kembali ke Sukagalih.
Di ampung Cisalimar l kita mendapatkan 3 Orang penduduk yang dapat diajak ngobrol . Dan di Cisalimar ll 4 Orang penduduk kebetulan di Cisalimar ll ini sedang ada kegiatan gotong royong membuat tenda yang buat hajatan. Jadi kita tidak perlu susah-susah mencari petani-petani nya.
Setelah dari Cisalimar ll kita berlanjut ke Kampung Sukagalih. Di kampung Sukagalih ini adalah yang paling gampang untuk menemui petani-petani untuk mengisi kuesioner dan paling banyak mengisi kuesioner karena mereka bias dan mau mengisi kuesioner sendiri . Dan kebenaran penerangan di Kamung Sukagalih sudah ada kembali kita pun enak utuk ngobrol dan bercanda. Dan ada salah seorang warga menanyakan tentang masalah karbon dan tanaman apa saja yang baik dantidak untuk ditanam dan teman sayapun menjawab nya. Dikarenakan sudah malam kitapun pulang kembali ke Cipeuteuy untuk ber istirahat.

Tidak ada komentar: