Minggu, 24 Juli 2011

Kunjunganku di Desa Cipeuteuy (Bagian 4-6)


Sore ini kita mendatangi Kp Cilodor. Tempat nya lumayan jauh dari Desa Cipeteuy selain itu kondisi jalan nya pun rusak dan jalan nya itu tanah sebagian juga ada yang berbatu selain itu ada beberapa lokasi jalan yang kondisi nya sangat rusak untuk menuju Kp Cilodor.
Sebelun menuju Kp Cilodor kita sempat tersesat pada saat kita sedang mencari jalan menuju Kp Cilodor. Pada saat itu kita bertanya kepa 3 anak kejila yang sedang berjalan “Dek kalau kampung Cilodor sebelah mana yah..??” anak kecil iyu hanya menganggukan kepala nya dan menunjuk kearah belakang kea rah jalan yang sudah kita lewati. Kita pun segera berbalik arah dan mencari jalan simpangan dan kita pun menemukan jalan simpangan tsb dan ternya jalan yang kita kira jalan ke Cilodor ternya ta salah. jalan itu adalah jalan buntu menuju perkebunah Cabai. Kita kembali lagi ke jalan utama pada sat itu kebetulan ada seorang bapa-bapa. Kita bertanya “pak kalo jalan ke Cilodor kemana yah.?” si bapa itu bilang “ini…ini jalan ke Cilodor” ternyata hanya berjarak beberapa meter saja simpangan nya dari tempat kita berhenti.
Pada saat kita diperjalanan motor yang saya tumpangi harus melewati jalanan yang berkubang lumpur sehingga membuat motor menjadi kotor. aku sempat mau terjatuh sehingga celana yang aku pakai kotor terkena lumpur kare pada saat sedang menahan motor yang akan terjatuh kaki ku menginjak kubangan lumpur sehingga terjadi cipratan lumpur.
Pada saatkita sampai di kampung Cilodor kita menanyakan rumah nya pak Rt waga disitu. pada saat kita Tanya “Pak.. bapak petani juga kan pak..?” Bapa Itu bilang “iya benar” kita segera bertanya-tanya sekitar pertanian. Awal di kampung Cilodor kita mendapat 2 petani yang dapat mengisi kuesioner. Setelah selesai kita segera berangkat ke rumah nya Pak Rt untuk meminta izin dan dapat mengisi kuesioner. Setelah selesai dari rumah pak Rt kita menemui 2 bapa-bapa yang sedang ngobrol. Setelah selesai kita menemu kita menemui bapa-bapa yang sedang mengngkat padi yang sedang di jemur belum selesai terisi semua kuesioner turu gerimis setelah selesai kita segera bergegas pulang. Di khawatirkan takut terjebak hujan di jalan karena kondisi jalan nya rusak dan bertanah.
Setelah pulang dari Kampung Cilodor kita menuju kabandungan untuk mencuci motor yang kita pinjam karena sangat kotor terkena lumpur. Sambil membeli makanan buat mengisi perut yang keroncongan.
04 Juni 2011
Pada sore ini kita ber tiga bersama temen nya mba Nonet mengunjungi Dusun pandan Arum Kp.Pasir Majlis untuk mencari data petani yang di Dusun Pandan Arum dan dimulai dari jam 6 dan ber akhir kurang lebih jam 8 an karena kita datang nya jam 5 an listrik disana belum pada nyala karena kata si ibu nyala nya jam 6 sore dan padam pada jam 6:30 Pagi. malam itu kita mendapatkan 6 warga yang dapat diajak ngobrol. Dan malam nya kita menginap di rumah pak Haji Isep yang di Kp.Majlis. sebelum makan istri pak Isep memasakkan kita nasi liwet dengan lauk nya ikan asin,sambal,tumis kacang,dan daging, kita menemani ibu Isep memasak didapur pembakaran yang dipakai pun tungku dengan dengan kayu bakar ” kalo kata si Ibu nama nya Gas ASURO(Asur Kajero)” tidak begitu lama kita lagi masak datang lah tetangga nya Pak Isep numpang untuk acara 10 hari kelahiran(angir)
05 Juni 2011
Dikarenakan kita menginap di lingkungan pesantren minggu pagi aku terbangu kerena mendengar yang sedang mengaji dimasjid dan salah satu santri yang sedang ber aktifitas menyapu dan mengepel lantai .saya pun segera bergegas bangun untuk melakukan ibdah solat subuh dan merapih kan tempat tidur ketika pagi sudah agak terang Para santri pun melakukan kegiatan nya diluar rumah seperti menyapu halaman ada juga yang pergi keladang. Pagi2 kita berangkat kurang lebih jam 8 dimulai dari kp. Pasir badak saat di perjalanan kita menemui petani yang lagi panen padi dan berjalan melewati pematang sawah untuk ke kp pasir badak disini kita mendapat 3 orang petani yang sedang ber kebun setelah itu kita ber istirahat dan ngopi sejenak di warung.dikarena kan hari sudah agak sore kita melanjutkan perjalanan ke kp cisalimar ll dan ber lanjut ke cisalimar l dari dua kp ini kita dapat lumayn bayak petani yang kita temui. dikarenakan perut mulai keroncongan kita beristirahat di warung warga kp cisalimar l untuk mengisi perut dengan semangkok mie rebus. Selesai nya kita mengisi perut kita ber tiga melanjutkan perjalanan menyusuri perjalanan menemui warga2 dan mendatangi rumah2 warga yang kita lewati. Setelah sekian lama kita berjalan ternyata kita sudah dekat dengan kp sukagalih kita pun pergi kesanana untuk sekedar mandi dan cuci muka di sungai citamiang yang berada di kp sukagalih yang berhulu di gunung keneng. Setelah selesai mandi mereka ber dua ber istirahat sejenak di kp suka galih dan aku berjalan sampai jembatan untuk menunggu jemputan ojek untuk membawa kita kembali ke cipetey. Perjalanan kita pun selesai di kp sukagalih.

1 komentar:

Nonet Te mengatakan...

wah baru baca ini. So sweet banget ANdi.. kok aku baru lihat ya.. btw makasih y Andi udah bantu aku dulu. Cilodor memang berkesan tuh, apalagi ketika aku teriak-teriak karena takut jatuh di jalan licin berlumpur itu. haha